SEJARAH STKIP WEETEBULA

 

SekolahTinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Weetebula adalah sebuah Perguruan Tinggi Swasta yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Nusa Cendana (YAPNUSDA) dan terletak di Weetebula, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Kehadiran institusi ini sebagai salah satu Lembaga Penghasil Tenaga Kependidikan (LPTK) merupakan sebuah jawaban atas meningkatnya kebutuhan tenaga kependidikan di Kabupaten Sumba Barat Daya secara khusus serta Pulau Sumba pada umumnya.

Peningkatan mutu SDM di NTT, khususnya di Pulau Sumba melalui jalur pendidikan mutlak dilakukan untuk meningkatkan daya saing dan memenuhi kebutuhan serta tuntutan dunia kerja di era informasi seperti sekarang ini. Namun demikian, pada tataran regional, pembangunan sektor pendidikan di NTT masih dihadapkan pada berbagai permasalahan sebagai berikut:

  1. Masih rendahnya pemerataan memperoleh pendidikan
  2. Masih rendahnya mutu dan relevansi pendidikan pada semua jenjang
  3. Masih lemahnya manajemen pendidikan dari sisi fasilitas, sumber daya manusia dan budget
  4. Jumlah lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan tenaga pendidik tidak ada, dan
  5. Masih rendahnya angka lulusan ujian nasional baik pada tingkat SLTP maupun SLTA.

Sebagai dampak dari permasalahan pendidikan yang dihadapi tersebut, mutu pendidikan di Pulau Sumba menjadi sangat rendah dan jauh tertinggal dibandingkan daerah lain. Hal lain yang juga menjadi penyebab rendahnya mutu pendidikan di Pulau Sumba, yaitu sebagai berikut.

  1. Jumlah tenaga guru yang tersedia masih terbatas dan jumlah tersebut cenderung menurun akibat semakin banyaknya guru yang memasuki masa pensiun.
  2. Kualifikasi pendidikan guru-guru SD/MI masih berada pada jenjang SLTA keguruan (SPG/SGO).
  3. Masih banyak sekolah dasar dan menengah yang tidak memiliki guru bidang studi.
  4. Belum ada Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan S1 di Pulau Sumba.

Menyadari hal ini, Yayasan Pendidikan Nusa Cencana (YAPNUSDA) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda), Keuskupan dan Pihak terkait lainnya berupaya mendirikan Perguruan Tinggi (PT) dalam  bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan (STKIP), yang diberi nama STKIP Weetebula dan rencana pendirian ini mendapat pengakuan Menteri Pendidikan melalui Surat Keputusan No. 524/E/O/2013.