Dasar perencanaan LPM STKIP Weetebula yaitu dari visi, misi dan tujuan STKIP yang diturunkan menjadi visi, misi dan tujuan dari LPM.

  1. Visi Lembaga Penjaminan

Menjadi institusi penjaminan mutu perguruan tinggi terbaik di tingkat regional untuk menjadikan STKIP Weetebula memiliki keunggulan dalam menghasilkan guru profesional yang mampu mberikan teladan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas.

2. Misi Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Weetebula

  • Menjadikan mutu sebagai jiwa seluruh civitas akademika STKIP Weetebula dalam menjalankan fungsi terbaiknya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat serta layanan administrasi akademik dan nonakademik.
  • Menjamin terselenggaranya pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas.
  • Menjamin pelaksanaan sistem pembinaan kemahasiswaan yang berkualitas dalam¬† bidang penalaran, bakat, minat, dan kesehjateraan mahasiswa.
  • Mendorong STKIP Weetebula menjadi perguruan tinggi yang bermutu dan berskala nasional.

3. Tujuan Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Weetebula

  • Menghasilkan output pendidikan yang professional, berkualitas, dan berdaya saing.
  • Mengembangkan penelitian yang bermutu, relevan, dan kontribusi dalam bidang pendidikan.
  • Membangun kehidupan masyarakat yang berdaya saing melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas pelayanan administratif akademik dan nonakademik
  • Mengembangkan lembaga STKIP Weetebula menjadi perguruan tinggi yang bermutu dan berskala nasional.

4. Sasaran

Kegiatan penjaminan mutu merupakan suatu siklus yang bergulir secara berkelanjutan. Kegiatan tersebut dimulai dari penetapan standar mutu, dilanjutkan dengan pelaksanaan yang secara periodik dilakukan monitoring dan evaluasi. Hasil monitoring dan evaluasi akan memberikan masukan untuk melaksanakan evaluasi diri sebagai umpan balik dalam penetapan standar untuk siklus berikutnya. Inti dari kegiatan ini adalah peningkatan kualitas secara berkelanjutan.

Sasaran dari kegiatan penjaminan mutu pada bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat adalah tahap : masukan, proses, hasil, dan dampak. Sasaran dalam pendidikan meliputi: seleksi dan kualitas calon mahasiswa, kurikulum, sarana dan prasarana, dosen dan tenaga pendidikan STKIP Weetebula, proses perkuliahan dan penilaian, kompetensi lulusan, alumni dan stakeholder serta manajemen akademik.

Sasaran dalam bidang penelitian dan pengebdian pada masyarakat meliputi, kemampuan dan kompetensi dosen dalam meneliti, kelompok bidang ilmu, proses penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Kualitas hasil dan dampak dalam bidang keilmuan, dunia industri dan masyarakat.

5. Program

Program Kerja dalam menerapkan sistem Penjaminan Mutu harus mengantisipasi isu yang meliputi (1) peningkatan daya saing, (2) kepemimpinan dan tata kelola yang baik, (3) optimalisasi fungsi sistem, dan (4) pencapaian standar global.

Sasaran dari program penjaminan mutu melingkupi bidang Tri Dharma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat), sumberdaya manusia, dan sistem manajemen. Program disusun berdasarkan urutan prioritas dalam suatu siklus penetapan standar, pemenuhan standar, pengendalain standar, dan peningkatan standar secara berkelanjutan.

Terlaksananya seluruh program tersebut di atas harus berdasarkan pada konteks berkelanjutan dan terus menerus yang menerapkan standar dikti 2014 yaitu Penetapan standar dikti, Pelaksanaan standar dikti, Evaluasi standar dikti, Pengendalian standar dikti, Peningkatan standar dikti (PPEPP).

6. Pendekatan

Dalam melaksanakan seluruh rangkaian program kegiatan suatu siklus penjaminan mutu seyogyanya berdasar pada kondisi ril yang telah dicapai dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan fungsi layanan akademik. Pendekatan yang menjadi implikasi dari menjalankan seluruh rangkaian penjamianan mutu adalah :

  1. Mulai dari sekarang, seluruh komponen yang terkait diajak untuk mulai dari sekarang tanpa menunggu kelengkapan dan kesiapan komponen lainnya. Kondisi yang ada perlu diidentifikasi dan dipetakan baik melalui studi dokumen yang ada atau informasi lainnya. untuk memudahkan penyusunan program secara menyeluruh.
  2. Sinergi dengan semua komponen, pencapaian mutu merupakan proses yang saling terkait antara satu komponen dengan yang lainnya. Oleh sebab itu sinergi seluruh komponen, sosialisasi dan membangun apresiasi serta kepedulian akan mempercepat pencapaian tujuan.
  3. Terencana, artinya semua rangkaian siklus penjaminan mutu dilaksanakan berdasarkan perencanaan menyeluruh. Semua kegiatan yang dilaksanakan harus didasarkan pada perencanaan yang matang sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
  4. Komitmen, diperlukan komitmen yang kuat mulai dari pimpinan sampai dengan pelaksana untuk melaksanakan peningkatan mutu pada setiap level unit kerja.
  5. Berkelanjutan, apabila suatu siklus penjaminan mutu sudah selesai maka harus dilanjutkan dengan siklus berikutnya untuk mencapai standar yang lebih tinggi. Dan begitu seterusnya tanpa henti, sesuai dengan prinsip continuous quality improvement.

7. Siklus Sistem Penjaminan Mutu

Sebagai implementasi system penjaminan mutu, LPM akan mencanangkan Siklus Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM PT) setiap semester untuk kegiatan perkuliahan. Pada kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyrakat diadakan siklus tahunan. Siklus SPM PT adalah sebagai berikut;

  1. penetapan standar mutu,
  2. pelaksanan standar untuk memenuhi mutunya oleh unit terkait,
  3. Monitoring dan evaluasi serta audit oleh suatu tim yang dibentuk untuk kegiatan tersebut.
  4. peningkatan standar melalui evaluasi diri masingmasing unit dan studi banding dengan mengadakan benchmarking.

Siklus SPM PT ini didasarkan pada konsep berkelanjutan (contimuous quality improvement) dengan model Standar Dikti 2014. Diharapkan partisipasi dosen, pegawai administrasi, dan mahasiswa sehingga seluruh kegiatan siklus.

STUKTUR ORGANISASI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN WEETEBULA

Jabatan                                  : Kepala Lembaga Penjaminan Mutu

Bertanggungjawab Kepada :Ketua STKIP Weetebula

Deskripsi Kerja                     :

  1. Menjamin konsistensi penerapan Sistem Manajemen Mutu di STKIP Weetebula  berdasarkan Prosedur Mutu.
  2. Merumuskan dan bertanggungjawab terhadap pelaksanaan sistem penjaminan mutu STKIP Weetebula.
  3. Membuat program dan anggaran tahunan LPM.
  4. Merencanakan, mengembangkan dan menyusun rencana strategis Lembaga Penjaminan Mutu di STKIP Weetebula.
  5. Melaksanakan audit baik akademik maupun non akademik, sebagai bagian dari peningkatan mutu STKIP Weetebula.
  6. Merancang indikator standar kualitas di tingkat PerguruanTinggi, program studi dan melaksanakan pelatihan mutu.
  7. Mensosialisasikan visi, misi, tujuan serta prosedur-prosedur terkait dengan sistem Penjamin Mutu.
  8. Melakukan kerjasama dan benchmarking dengan perguruan tinggi lain dalam program LPM.
  9. Melaksanakan Monitoring dan pengendalianterhadap pelaksanaan kegiatan LPM di STKIP dan bertanggung jawab atas segala dokumen dan laporan Lembaga Penjaminan Mutu.
  10. Memberikan masukan kepada Ketua STKIP tentang kinerja sistem penjaminan mutu internal yang berjalan di STKIP Weetebula.
  11. Memberikan laporan kepada Ketua STKIP tentang penyimpangan manajemen mutu yang terjadi.

Jabatan                                  : Sekretaris

Bertanggungjawab Kepada : KepalaLembaga Penjaminan Mutu

Deskripsi Kerja                     :

  1. Membantu Ketua dalam merumuskan dan bertanggungjawab terhadap pelaksanaan sistem penjaminan mutu STKIP Weetebula.
  2. Membantu Ketua dalam membuat program dan anggaran tahunan LPM.
  3. Membantu Ketua dalam merencanakan, mengembangkan dan menyusun rencana strategis Lembaga Penjaminan Mutu di STKIP Weetebula.
  4. Membantu Ketua dalam melaksanakan audit baik akademik maupun non akademik, sebagai bagian dari peningkatan mutu STKIP Weetebula.
  5. Membantu Ketua dalam merancang indikator standar kualitas di tingkat PerguruanTinggi, program studi dan melaksanakan pelatihan mutu.
  6. Mensosialisasikan visi, misi, tujuan serta prosedur-prosedur terkait dengan sistem Penjamin Mutu.
  7. Membantu Ketua dalam melakukan kerjasama dan benchmarking dengan perguruan tinggi lain dalam program LPM.
  8. Membantu Ketua dalam monitoring dan pengendalianterhadap pelaksanaan kegiatan LPM di STKIP dan bertanggung jawab atas segala dokumen dan laporan Lembaga Penjaminan Mutu.
  9. Membantu Ketua dalam memberikan laporan kepada Ketua STKIP tentang penyimpangan manajemen mutu yang terjadi.

Jabatan                                  : Tata Usaha

Bertanggungjawab Kepada : KepalaLembaga Penjaminan Mutu

Deskripsi Kerja                     :

  1. Membuat surat yang diinstruksikan Kepala LPM, dan selanjutnya mendistribusikan kepada para  koordinator LPM  dan unit-unit terkait.
  2. Melakukan penyimpanan arsip surat masuk/ keluar.
  3. Memperbanyak buku-buku dan laporan yang terkait di LPM
  4. Menyiapkan administrasi keperluan rapat dan kegiatan-kegiatan di LPM.

Jabatan                                  : Koordinator MONEV (SPMI)

Bertanggungjawab Kepada : Kepala Lembaga Penjaminan Mutu

Deskripsi Kerja                     :

1. Melakukan pengawasan dan evaluasi sesuai petunjuk dari atasan berdasarkan Standar SPMI dari masing-masing unit kerja.

2. Mencatat setiap jenis dokumen SPMI dan penomoran / pengkodean dokumen SPMI.

3. Mencatat ringkasan setiap perubahan yang terjadi dan dilampirkan pada setiap dokumen induk sistem mutu.

4. Mendistribusikan dokumen SPMI kepada bagian terkait.

Jabatan                                  : Koordinator Akreditasi (SPME)

Bertanggungjawab Kepada : Kepala Lembaga Penjaminan Mutu

Deskripsi Kerja                     :

1. Melakukan pengawasan sesuai petunjuk dari atasan berdasarkan Standar SPME dan SOP dari masing-masing unit kerja.

2. Mencatat setiap jenis dokumen SPME dan penomoran / pengkodean dokumen SPME.

3. Mencatat ringkasan setiap perubahan yang terjadi dan dilampirkan pada setiap dokumen induk sistem mutu.

4. Mendistribusikan dokumen SPME  kepada bagian terkait.

Jabatan                                  : Gugus Pengendalian Mutu Prodi

Bertanggungjawab Kepada : Koordinator SPMI

Deskripsi Kerja                     :

  1. Bersama ketua program studi melakukan pengawasan dan evaluasi sesuai petunjuk dari koordinator SPMI berdasarkan Standar SPMI.
  2. Mencatat ringkasan setiap perubahan yang terjadi dan dilampirkan kepada koordinator SPMI.